Selamat datang di SIN Salido - Basamo mako manjadi

 

Sejarah Desa

Administrator 26 Agustus 2016 15:38:09

Sejarah Nagari

Nagari Salido sudah terbentuk secara adat sejak dulu dan diakui secara administrasi dari zaman penjajahan Belanda. Nagari Salido secara adat melingkupi daerah Sago sampai ke Bunga Pasang. Secara administrasi Nagari Salido diakui sejak tahun 1947 dengan wilayah: Kampung Sago, Kampung Balai Lamo, Kampung Luar, Kampung Laban, Kampung Koto, Kampung Pasar, Kampung Bunga Pasang 1, Kampung Bunga Pasang 2 dan Kampung Bunga Pasang 3.

Pada tahun 1979 berdasarkan Undang-Undang Nomor 05 tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa/Kelurahan Nagari Salido secara administrasi kepemerintahan dilebur menjadi Desa Sago, Desa Balai Lamo, Desa Kampung Luar, Desa Koto, Desa Laban, Kelurahan Pasar, Kelurahan Bunga Pasang 1, Desa Bunga Pasang 2 dan Desa Bunga Pasang 3, tetapi secara adat keberadaan Nagari Salido tetap berdiri seperti biasa. Ini dikuatkan dengan Perda Kabupaten Pesisir Selatan Nomor 13 tahun 1983 tentang Keberadaan Kerapatan Adat Nagari (KAN). UU ini baru terealisasi tahun 1982.

Pada tahun 1999 berdasarkan Undang-undang Nomor ..... tentang Kembali ke Sistem Pemerintahan Nagari, Nagari Salido secara Administrasi Kepemerintahan kembali terbentuk dengan menyatukan kembali 7 Desa dan 2 Kelurahan dalam pemerintahan Nagari Salido. Sistem Pemerintahan Nagari menurut UU ini diatur oleh Peraturan Daerah Kabupaten/Kota. Di Nagari Salido penerapan Undang-undang ini terealisasi tahun 2002 dengan struktur Pemerintah Nagari dan Dewan Perwakilan Nagari (DPN) dan Badan Musyawarah Adat & Syarak (BMAS).

Pada tahun 2009 berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Nomor 09 Tahun 2009 tentang Pemekaran Nagari, maka dilakukan Pemekaran Nagari Salido menjadi 3 Pemerintahan Nagari yaitu Pemerintahan Nagari Sago Salido, Pemerintahan  Nagari Salido  (Induk) dan Pemerintahan Nagari Bunga Pasang Salido.

Pemerintahan Nagari Salido (Induk) tinggal 5 (lima) Kampung yaitu Kp. Balai Lamo, Kampung Luar, Kampung Laban, Kampung Koto dan Kampung Pasar. Juga terjadi perubahan struktur Pemerintahan menjadi Pemerintah Nagari dan Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari

  • Demografi

Secara Geografis  Nagari Salido berada pada posisi 100° 32' - 100° 47' BT dan 1° 09,70' - 1° 22,70' LS dengan suhu rata-rata 20 – 30 derajat Celcius dan ketinggian/altitude 5 m’ diatas permkaan laut yang secara administratif terletak di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dengan jarak pencapaian pusat Nagari ke Ibukota Kabupaten adalah 2,5 s/d 3 km dan dari pusat pemerintahan Propinsi berjarak 74 km dengan perbatasan wilayah sebagai berikut:

  • Batas wilayah sebelah barat : Samudera Indonesia
  • Batas wilayah sebelah utara : Nagari Sago Salido
  • Batas wilayah sebelah timur : Nagari Tambang dan Nagari Lumpo
  • Batas Wilayah sebelah selatan             : Nagari Bunga Pasang Salido

Nagari Salido mempunyai luas wilayah 1.190 Ha yang terdiri dari 5 kampung yaitu :

  • Kampung Balai Lamo
  • Kampung Laban
  • Kampung Luar
  • Kampung Koto Salido
  • Kampung Pasar Salido

Adapun luas masing-masing kampung Nagari Salido terlihat dalam tabel berikut :

Tabel 01. Luas Kampung di Nagari Salido

No

Nama Kampung

Luas / Ha

%

1

Balai Lamo

185

15.54

2

Laban

524

44.03

3

Kampung Luar

406

16.14

4

Koto Salido

129

10.84

5

Pasar Salido

160

13.45

Jumlah

1.404

100.00

Kondisi umum Nagari Salido menurut data perkembangan Nagari dalam Monografi Nagari Salido Tahun 2016 dapat digambarkan dalam 6 aspek kehidupan masyarakat yang terdiri dari aspek Ekonomi Masyarakat, Pendidikan Masyarakat, Kesehatan Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Kedaulatan Politik Masyarakat, dan Kepribadian dan Kebangsaan Masyarakat.

Penduduk Nagari Salido pada tahun 2016 tercatat berjumlah 9.344 jiwa, Penduduk laki-laki 4.767 jiwa, Penduduk Perempuan 4.577 jiwa dengan persentase pertumbuhan 3,775% dari tahun 2015 dan jumlah keluarga 2.049 KK.

Demikian selanyang pandang atau sejarah singkat Nagari Salido yang dapat kami sampaikan kepada para pegiat Medsos, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator nagari untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Nagari

Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan KAUR TATA USAHA DAN UMUM KAUR  PERENCANAAN DAN KEUANGAN BENDAHARA

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung